Jumat, 25 April 2014

Masa Pra Sekolah



MASA PRA SEKOLAH

Hari-hariku selalu dipenuhi dengan permainan, mulai dari permainan tradisional hingga permainan pabrikan.
PERMAINAN KELOMPOK / DENGAN LAWAN
Banyak sekali permainan kelompok yang dimainkan orang saat aku masih kecil, contohnya :

Dakon

Untuk permainan congklak ini diperlukan 98 biji sawo. Masing- masing sisi congklak yang memiliki 7 buah lubang, diisi dengan 7 biji. Jadi, masing- masing pemain memiliki 49 biji kecik yang siap dimainkan. Sedangkan lubang yang berada pada ujung papan congklak dikosongkan untuk menampung sisa biji ketika permainan dijalankan.

Pada masyarakat tradisional Jawa, congklak biasa dimainkan oleh anak- anak hingga dewasa, terutama wanita, karena permainan ini identik dengan dunia wanita. Tidak ada yang tahu kenapa permainan ini identik dengan wanita, namun menurut beberapa pendapat permainan ini identik dengan manajemen atau pengelolaan keuangan. Disadari atau tidak kaum hawa memiliki peranan penting dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Congklak ini dianggap sebagai sarana pelatihan untuk memanajemen keuangan dalam rumah tangga nantinya.

Filosofi permaianan dakon
Pada papan congklak terdapat 7 lubang dan masing- masing berisi 7 biji, 7 adalah jumlah hari dalam satu minggu. Jumlah biji yang ada pada lubang kecilpun sama. Artinya, tiap orang mempunyai waktu yang sama dalam seminggu, yaitu 7 hari.

Ketika biji diambil dari satu lubang, ia mengisi lubang yang lain, termasuk lubang pada lumbung. Pelajaran dari fase ini adalah, setiap hari yang kita jalani, akan berpengaruh pada hari-hari kita selanjutnya, dan juga hari-hari orang lain. Apa yang kita lakukan hari ini menentukan apa yang akan terjadi pada masa depan kita. Apa yang kita lakukan hari ini bisa jadi sangat bermakna bagi orang lain.

Ketika biji diambil, kemudian diambil lagi, juga berarti bahwa hidup itu harus memberi dan menerima. Tidak selalu mengambil, namun juga memberi. Untuk keseimbangan hidup.

Biji diambil satu persatu, tidak dapat diambil sekaligus. Maksudnya, kita harus jujur untuk mengisi lubang pada papan congklak kita. Kita harus jujur mengisi hidup kita. Satu persatu, sedikit demi sedikit, asalkan jujur dan baik, lebih baik daripada banyak namun tidak jujur. Satu persatu biji yang diisi juga bermakna bahwa kita harus menabung tiap hari untuk hari-hari berikutnya. Kita juga harus mempunyai “saving”, yaitu biji yang berada di lubang induk.

Strategi diperlukan dalam permainan ini agar biji kita tidak habis diambil lawan. Hikmahnya adalah, hidup ini adalah persaingan, namun bukan berarti kita harus bermusuhan. Karena tiap orang juga punya kepentingan dan tujuan yang (mungkin) sama dengan tujuan kita, maka kita harus cerdik dan strategis.

Pemenang adalah yang jumlah bijinya di lubang induk paling banyak, maksudnya adalah mereka yang menjadi pemenang/ mereka yang sukses adalah mereka yang paling banyak amal kebaikannya. Mereka yang banyak tabungan kebaikannya, mereka yang menabung lebih banyak, dan mereka yang tahu strategi untuk mengumpulkan rezeki.

Permainan ini sesungguhnya merupakan serpihan kecil dari unsur pembentuk budaya dan karakter bangsa. Dengan permainan ini kita bisa mengambil manfaat yang terkadang kita sendiri tidak menyadarinya. Congklak melatih kita untuk terampil, cermat, jujur, sportif, tepa selira, dan menimbulkan rasa akrab antara sesama.

Nilai pendidikan permainan dakon
Dari permainan Congklak ini bisa mendatangkan manfaat sebagai berikut:
1.       Sarana pelatihan terhadap pengelolaan atau manajemen keuangan.
2.       Melatih untuk terampil dan cermat.
3.       Melatih jiwa sportif, jujur, adil, tepa selira dan akrab dengan orang lain
4.       Menjalin kearaban  dan melatih motorik anak


 Gobak Sodor

Permainan gobak sodor sangat berbeda dengan permainan dakon yang sangat lembut permainannya. Gobak sodor memerlukan tenaga dan ketangkasan. Di desaku permainan ini sering dilakukan sat purnama, apalagi saat anginya semilir. Cerita dari kakungku, permaianan ini disebut dnegan gobak sodor karena permainan ini maju mundur melalui pintu-pintu. Dalam bahasa Belanda istilah gobak sodor artinya mungkin sama dengan kata ”Go Back Though the Door” dalam bahasa Inggris.
Selain itu masih ada lagi permainan yang lain, namanya permainan engklek. Permainan in paling sering dimainkan oleh anak perempuan di desa saya. Permainan engklek bisanya dimainakan 2 samapai 5 orang. Cara bermainanya sederhana saja, cukup melompat menggunakan satu kaki disetiap petak-petak yan telah digambarkan sebelumnya di tanah. Untuk dapat bermain setiap anak harus berbekal kereweng atau gacuk yang bisanya berupa pecahan genting. Kreweng ditempatkan disalah satu petak yang tergambar di tanah dengan cara dilempar, petak yang ada gacuknya tidak boleh diinjak/ditempati oleh setiap pemain, jadi para pemain harus melompat ke petak berikutnya. Pemain yang menyelesaikan satu putaran terlebih dahulu berhak memilih sebuah petak untuk dijadikan “sawah” yang artinya dipetak tersebut pemain yang bersangkutan dapat menginjak petak tersebut dengan dua kaki, sementara pemain lain tidak boleh menginjak petak itu selama permainan. Pemainan ini sangat seru karena bisanya paling sering kesalahan yang dilakukan adalah saat kita melempar gacuk tapi tidak pas dikotaknya atau meleset dari tempatnya.
Mungkin saat ini hanya sedikit dari kita yang masih tahu jenis-jenis permainan tradisional seperti gatrik, lompat tali, petak umpet, benteng, gobak sodor, dakon, gasing, dan lainnya. Bahkan bisa jadi permainan ini tidak dikenal anak-anak sekarangyang tinggal di kota-kota besar. Akan sangat menyenangkan dan beranfaat jika ada sanggar khusus untuk permainan tradisional. Terlebih di Yogya atau di Solo yang notabene adalah kota buadaya yang memiliki nilai sejarah tinggi, Jadi jangan sampai punah permainan tradisional ini.



Engklek

Engklek merupakan sebuah permainan dengan cara melemparkan trengkal (pecahanan genteng berukuran + 5 x 5 Cm) yang disebut patah.. Permainan ini mengejawantahkan usaha anak untuk membangun “rumah”-nya. Atau bisa pula bermakna sebagai perjuangan manusia dalam meraih wilayah kekuasaannya. Namun bukan dengan saling sruduk. Ada aturan tertentu yang harus disepakati untuk mendapatkan tempat berpinjak.
Engklek dapat dimainkan di lapangan, halaman, jalanan atau bahkan teras rumah, yang penting luas lahan tidak kurang dari 3 x 4 meter. Pada lahan itu kemudian  dibuat  kotak-kotak  dan  lingkaran.  Masing-masing  kotak  umumnya berukuran + 30 x 60 Cm, semen-tara panjang jari-jari lingkaran + 1 meter. Kotak dan lingkaran tersebut dibuat dengan guratan kapur, arang atau guratan kayu di atas tanah. Ada tiga pola yang dapat digunakan untuk bermain engklek, sebagai-mana gambar berikut.
Engklek biasa dimainkan oleh anak-anak perempuan berumur 6 – 12 tahun. Anak remaja jarang terlibat, mungkin karena “takut” dicemooh “kekanak-kanakan” oleh teman-temannya, jika kedapatan memainkannya. Begitu pula anak lelaki. Mereka enggan bermain engklek karena “takut” dicemooh seperti perempuan. Permainan ini dapat dilakukan secara perorangan maupun beregu. Jika dimainkan secara beregu, satu kelompok maksimal beranggotakan 5 orang.
Cara memainkannya tidak terlalu sulit. Ketika akan memulai permainan, terlebih dahulu peserta harus  menentukan urutan giliran main dengan cara hompimpah dan suit. Hompimpah akan ditempuh jika peserta lebih dari 3 orang/kelompok.
Hompimpah alaihum gambreng,
Hompimpah alaihum gambreng,
Jika pada awal hompimpah disepakati, bahwa pemenang adalah telapak tangan terbuka, maka perserta yang telapak tangannya tertutup dinyatakan si kalah. Hompimpah bisa dilakukan berkali-kali sampai tiap peserta mendapatkan urutan giliran bermain.
Jika engklek hanya dimainkan oleh dua orang, maka penentuan urutan giliran bermain akan dilakukan dengan sut (suit). Sut adalah “mengadu” jemari tangan (jempol, telunjuk dan kelingking) dengan ketentuan jempol mengalahkan telunjuk, telunjuk mengalahkan kelingking, dan kelingking mengalahkan jempol.
Pemain nomor urut pertama memulai permainan dengan melemparkan patah ke kota 1. Jika lemparannya meleset, maka ia tidak dapat meneruskan permainan, menunggu nomor urut terakhir menyelesaikan permainan. Jika berhasil, maka dia meloncat dengan satu kaki ke kotak 2, kemudian ke kotak 3 Pada kotak yang berpasangan dia boleh menjejakkan kedua kakinya. Dia terus meloncat-loncat dengan satu kaki  sampai lingkaran dimana dia boleh menjejakkan kedua kakinya. Dari lingkaran, dia memutar badan, kemudian meloncat-loncat kembali seperti sebelumnya. Pada kota 2 dia memungut patah, loncat ke kotak 1 dan terus keluar. Selanjutnya dia melemparkan patah ke kotak 2, kemudian meloncat-loncat kembali ke kotak-kotak yang kosong (tidak ada patah). Kotak dimana ada patah tidak boleh diinjak. Dengan demikian, bisa terjadi seorang pemain harus melompat dengan melewati dua atau tiga kotak. Ketika melompat, jejakan kaki pun tidak boleh menyentuh garis karena jika melakukannya, maka dia dianggap gugur, dan harus menunggu giliran main. Melempar patah dan melompat dengan satu kaki terus dilakukan hingga lingkaran. Dari sana kemudian  berputar, pemain melempar patah ke kotak-kotak yang teratas sampai yang terbawah. Pada kotak yang berpasangan, lemparan harus ditujukan ke kotak sebelah kanan terlebih dahulu.
Seseorang dianggap telah menyelesaikan permainan jika dia telah melempar patah ke dalam lingkaran dan bisa meloncati semua kotak sampai ke kotak 1 dengan selamat. Pemain ini kemudian akan melempar patah ke sembarang kotak sambil membelakangi arena permainan untuk menentukan “rumah”-nya. Di rumah itu dia boleh memberi tanda dengan gambar apa saja, dan rumah itu tidak bisa dikuasai oleh pemain lain, rumah tersebut menjadi wilayah kekuasaan pemain tersebut. Barang siapa yang mempunyai banyak wilayah, maka dialah pemenangnya.
Kendati demikian, hanya pemain yang beruntung saja yang dapat menemukan “rumah”-nya dalam satu kali lemparan. Jika lemparan patah mengenai garis atau ke luar bidang permainan, maka dinyatakan tidak sah. Si pemain harus melempar ulang setelah menunggu giliran pemain berikutnya menyelesaikan permainan..
Permainan engklek biasa berlangsung antara 30 menit sampai 2 jam, bahkan bisa lebih. Namun demikian, kadang terjadi permainan berakhir ketika pemain dipanggil pulang untuk disuruh tidur, mandi, makan atau membantu pekerjaan orang tuanya.

Ular Naga / Jamuran
Ular Naga adalah satu permainan berkelompok yang biasa dimainkan anak-anak Jakarta di luar rumah di waktu sore dan malam hari. Tempat bermainnya di tanah lapang atau halaman rumah yang agak luas. Lebih menarik apabila dimainkan di bawah cahaya rembulan. Pemainnya biasanya sekitar 5-10 orang, bisa juga lebih, anak-anak umur 5-12 tahun (TK – SD).
Cara main
Anak-anak berbaris bergandeng pegang ‘buntut’, yakni anak yang berada di belakang berbaris sambil memegang ujung baju atau pinggang anak yang di mukanya. Seorang anak yang lebih besar, atau paling besar, bermain sebagai “induk” dan berada paling depan dalam barisan. Kemudian dua anak lagi yang cukup besar bermain sebagai “gerbang”, dengan berdiri berhadapan dan saling berpegangan tangan di atas kepala. “Induk” dan “gerbang” biasanya dipilih dari anak-anak yang tangkas berbicara, karena salah satu daya tarik permainan ini adalah dalam dialog yang mereka lakukan.
Barisan akan bergerak melingkar kian kemari, sebagai Ular Naga yang berjalan-jalan dan terutama mengitari “gerbang” yang berdiri di tengah-tengah halaman, sambil menyanyikan lagu. Pada saat-saat tertentu sesuai dengan lagu, Ular Naga akan berjalan melewati “gerbang”. Pada saat terakhir, ketika lagu habis, seorang anak yang berjalan paling belakang akan ‘ditangkap’ oleh “gerbang”.
Setelah itu, si “induk” –dengan semua anggota barisan berderet di belakangnya– akan berdialog dan berbantah-bantahan dengan kedua “gerbang” perihal anak yang ditangkap. Seringkali perbantahan ini berlangsung seru dan lucu, sehingga anak-anak ini saling tertawa. Sampai pada akhirnya, si anak yang tertangkap disuruh memilih di antara dua pilihan, dan berdasarkan pilihannya, ditempatkan di belakang salah satu “gerbang”.
Permainan akan dimulai kembali. Dengan terdengarnya nyanyi, Ular Naga kembali bergerak dan menerobos gerbang, dan lalu ada lagi seorang anak yang ditangkap. Perbantahan lagi. Demikian berlangsung terus, hingga “induk” akan kehabisan anak dan permainan selesai. Atau, anak-anak bubar dipanggil pulang orang tuanya karena sudah larut malam.






Petak umpet Versi Bang-bangan

Petak umpet versi bang-bangan adalah versi tempat ane tinggal gan, permainannya kaya petak umpet biasa tapi kalo ketemu orangnya dipanggilnya bang, pas ane dulu main ane sering ngumpet diatas pohon gan atau didalam air, kebetulan deket ama sungai. Nih cara mainnya:
Cara main
Semua anak melakukan ritual “alaium gambreng”, sampai tinggal 2 anak, kemudian 2 anak yg tersisa harus suit sampai 3x, yg kalah jaga gawang.
Yg jaga tutup matanya, hitung sampai 10x
Teman-teman yg nggak jaga nyari tempat untuk ngumpet.
Kalau sudah sampai hitungan ke-10, yg jaga langsung nyari teman-temennya yg ngumpet, kalau ketemu satu, langsung lari cepat-cepat balapan dgn temannya itu sampai ke gawang kemudian pegang gawang sambil teriak ‘Bang’ tandanya satu orang sudah ketemu, tinggal cari yg lainnya.
Kalau ternyata yg duluan sampai gawang adalah temannya yg ngumpet, permainan ronde satu langsung selesai, tapi yg jaga gawang dihukum harus jaga lagi pada permainan ronde berikutnya.

Cublak-cublak Suweng



“Pak Empo lirak lirik sapa ngguyu ndeloake”.begitulah sebagian lirik dari lagu cublak-cublak suweng. Saat itulah, yang jaga harus menebak siapa yang menyembunyikan suweng atau anting!
Cara main
Gambreng dan yang kalah menjadi Pak Empo. Dia berbaring telungkup di tengah, anak-anak lain duduk melingkar. Buka telapak tangan menghadap ke atas dan letakkan di punggung Pak Empo.
Salah satu anak memegang biji/ kerikil dan dipindah dari telapak tangan satu ke telapak tangan lainnya diiringi lagu Cublak-Cublek Suweng. “Cublak cublek suweng, suwenge ting gelenter, mambu ketundung gudel. Pak empo lirak-lirik, sapa ngguyu delekake. Sir sir pong dele gosong, sir sir pong dele gosong”.
Pada kalimat ”Sapa mau sing delekke” serahkan biji/ kerikil ke tangan seorang anak untuk disembunyikan dalam genggaman.
Di akhir lagu, semua anak menggenggam kedua tangan masing-masing, pura-pura menyembunyikan kerikil, sambil menggerak-gerakkan tangan.
Pak Empo bangun dan menebak di tangan siapa biji/ kerikil disembunyikan. Bila tebakannya benar, anak yang menggenggam biji/ kerikil gantian menjadi Pak Empo. Bila salah, Pak Empo kembali ke posisi semula dan permainan diulang lagi.

Tawon-tawonan

tawon tawonan
Tawon-tawonan permainan yang dilakukan beberapa orang dengan satu tawon, yang kena “entup” / sengat maka orang tersebut gantian jadi tawon.tawon-tawonan ini mirip ama permainan kucing-kucingan+tikus tapi pemain tidak bergandengan tangan.
Cara main
Tentukan dulu, yang jadi tawon yang kalah atau yang menang, kemudian semua gambreng dengan tangan bergandengan dengan lagu “sing tangane dawa masang” maksudnya yang tangannya panjang main jadi tawon, kalau tinggal 3 anak maka dilakukan hom-pim-pa alaium gambreng, kalo 2 orang dilakukan suit sampai ada yang jadi tawon.
Kalau mau selamat dari tawon, waktu tawon sudah dekat, langsung jongkok agar tidak tersengat. Tapi baru bisa ‘hidup’ lagi kalau ada teman yg masih berdiri membangunkan.
Kalau mau selamat dari tawon, waktu tawon sudah dekat, langsung jongkok agar tidak tersengat. Tapi baru bisa ‘hidup’ lagi kalau ada teman yg masih berdiri membangunkan.
Yang jadi tawon, kejar teman-temannya, kalau salah satu ada yg terkejar, pegang dia, nanti dia akan langsung jadi tawon.Semakin banyak orang semakin seru.


Bedhil-bedhilan / Tembak-tembakan
Merupakan permainan fiksi atau bo’ong-bo’ongan gan layaknya rambo dan tentara, kalo ditempat ane senjatanya semua menggunakan pelepah pisang.
Cara main
Membuat alat tempur dengan pelepah pisang dengan macam senjata beserta bom-bomnya.
Tentukan 2 kelompok dengan masing-masing satu ketua, ketua suit dan bila kalah kalah suit berarti itu kelompok penjahat dan yang menang menjadi kelompok tentara.
Kelompok penjahat bajunya dikeluarkan atau di pakai setengah baju., kelompok tentara di masukan(kan tentara kudu rapi).
Nah seperti petak umpet, kelompok penjahat bersembunyi dan kelompok tentara mencari.
Lalu apabila salah satu menemukan penjahat/tentara harus cepat-cepat bilang “dor”, siapa yang duluan tertembak itu menjadi tawanan/kalah.
Menang dan kalah ditentukan apabila salah-satu kelompok banyak menyandra banyak tawanan, dan kelompok yang kalah adalah kelompok yang anggotanya banyak yang mati





PERMAINAN INDIVIDU
Mobil – mobilan
Permainan mobil-mobilan ini adalah permainan sepanjang masa, karena permainan ini dapat dimainkan kapanpun ( saat sendiri, mau tidur, dan dimanapun asal membawa mobil-mobilan)

Mobil ini adalah favoritku saat masih kecil. Mobil ini digerakkan dengan pegas, jadi mobil didorong mundur, maka mobil akan melaju kencang ke depan.

Miniatur Tentara


Mainan ini menjadi salah satu permainan favorit saya, karena dari sini otak kita jadi bisa berpikir tentang strategi dan imajinasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar